Bimbingan Teknis Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Kembali lagi Fakultas Psikologi Universitas Medan Area (UMA) di amanahkan dan dipercaya memberikan ceramah sekaligus bimbingan teknis petugas pelayanan administrasi kependudukan ( front office ) yang membawakan tema ” PELAYANAN PRIMA, MENUJU PELAYANAN YANG MEMBAHAGIAKAN MASYARAKAT” , oleh Ibu Eryanti Novita, S. Psi, M. Psi dan Ibu Nafeesa, S. Psi, M. Psi sebagai narasumber yang berkompeten, unggul dan berkualitas. dengan maksud memberikan ceramah yang bertujuan melatih serta memprioritaskan kualitas individu pada karyawan dan pegawai Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Pemerintah Provinsi Sumatera Utara terhadap pelayanan yang prima, menuju pelayanan yang membahagiakan masyarakat.
Dalam bimbingan teknisnya narasumber mengatakan, pelayanan sebagai kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang dengan landasan tertentu dimana tingkat pemuasannya hanya dapat dirasakan oleh orang yang melayani atau dilayani, tergantung kepada kemampuan penyedia jasa dalam memenuhi harapan pengguna. Pelayanan pada hakikatnya adalah serangkaian kegiatan, karena itu proses pelayanan berlangsung secara rutin dan berkesinambungan, meliputi seluruh kehidupan organisasi dalam masyarakat. Proses yang dimaksudkan dilakukan sehubungan dengan saling memenuhi kebutuhan antara penerima dan pemberi pelayanan.

žPelayanan pada dasarnya dapat didefinisikan sebagai aktivitas seseorang, sekelompok dan/ organisasi baik langsung maupun tidak langsung untuk memenuhi kebutuhan. Pelayanan berarti melayani suatu jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat dalam segala bidang. Kegiatan pelayanan kepada masyarakat merupakan salah satu tugas dan fungsi administrasi negara. pelayanan adalah suatu aktivitas atau serangkaian aktivitaas yang bersifat tidak kasat mata (tidak dapat diraba) yang tejadi sebagai akibat adanya interaksi antara konsumen dengan karyawan atau hal- hal lain yang disediakan oleh perusahaan pemberi pelayanan yang dimaksudkan untuk memecahkan permasalahan konsumen/ pelanggan.
žsebagai setiap kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah terhadap sejumlah manusia yang memiliki setiap kegiatan yang menguntungkan dalam suatu kumpulan atau kesatuan, dan menawarkan kepuasan meskipun hasilnya tidak terikat pada suatu produk secara fisik. Pelayanan publik adalah pemberian jasa, baik oleh pemerintah, pihak swasta atas nama pemerintah, ataupun pihak swasta kepada masyarakat, dengan atau tanpa pembayaran guna memenuhi kebutuhan dan atau kepentingan masyarakat.

Picture1

Dalam sesi tanya jawab peserta bimbingan teknis mempertanyakan, bagaimana pelayanan prima itu?
Dengan Semangat, Tepat dan jelas Narasumber menjelaskan Pelayanan žprima adalah pelayanan yang diberikan kepada pelanggan (masyarakat). Minimal yang sesuai dengan standar pelayanan( cepat, tepat, akurat, murah, ramah). žTujuan pelayanan prima adalah memberikan pelayanan yang dapat memenuhi dan memuaskan pelanggan atau masyarakat serta memberikan fokus pelayanan kepada pelanggan. Pelayanan prima dalam sektor publik didasarkan pada aksioma bahwa “pelayanan adalah pemberdayaan”. Pelayanan pada sektor bisnis berorientasi profit, sedangkan pelayanan prima pada sektor publik bertujuan memenuhi kebutuhan masyarakat secara sangat baik atau terbaik.